Pengertian Internet dan Intranet

In Info

Mari kita baca Perbedaan Internet dan Intranet secara lengkap

1. INTERNET

Internet atau interconnection networking adalah jaringan komunikasi yang sangat luas, bahkan mendunia. Jaringan komunikasi ini dihubungkan oleh suatu system yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protokol/ Internet Protokol). Jaringan internet ini tak terbatas & bisa digunakan oleh seluruh org di dunia asal terhubung dengan jaringan menggunakan Internet Service Povider.

Dengan adanya system layanan yang mendunia, maka orang di seluruh dunia hari ini bisa saling berhubungan tanpa mengenal batas. Pengiriman data juga dapat dilakukan secara cepat tanpa memakan waktu lama. Manfaat besar ini kian hari kian santer di warga & banyak org dari pelosok pun dapat menggunakannya.

2. INTRANET

Lain halnya dgn internet yg dapat menghubungkan seluruh org di dunia tanpa batas, intranet adalah jaringan komunikasi yg lebih sempit. Gak semua org dapat mengunakan intranet atau cuma dikhususkan utk tim saja seperti dlm sebuah perusahaan. Intranet ini menghubungkan computer antar karyawan yg setelah itu dpt digunakan bersama. Namun, orang di luar perusahaan tak dapat masuk dalam jaringan mereka.

Sama halnya dengan internet, intranet juga menggunakan TCP/ IP utk membuat suatu jaringan. Hanya saja jaringannya terbatas. Intranet bisa dikatakan sebagai jaringan internet pribadi karna dioperasikan sekelompok orang saja. Perlu adanya alamat protocol utk mengaksesnya, misalnya HTTP.

B. SEJARAH

1.INTERNET

Internet adalah jaringan komputer yg dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yg disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dlm jarak yg tdk terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar info dapat dipindahkan, serta akhirnya semua standar yg mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek tersebut ialah untuk keperluan militer. Pada ketika tersebut Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yg tersebar dgn menghubungkan komputer di daerah-daerah vital utk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan utk menghindari terjadinya informasi terpusat, yg apabila terjadi perang bisa mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, & secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tak lama setelah itu proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, serta semua universitas di negara itu mau bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu MILNET utk keperluan militer & ARPANET baru yang lebih kecil utk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yg kemudian disederhanakan menjadi Internet.

2. INTRANET

Jaringan IntraNet di kampus-kampus merupakan kunci awal perkembangan Internet di Indonesia. Sebelum ada sambungan ke internet sudah ada jaringan komputer di lingkungan terbatas yang dikenal sebagai Local Area Network (LAN) di sejumlah lembaga pendidikan serta lembaga pemerintah di Indonesia.

Pada era 1980 sampai menjelang pertengahan tahun 1990an, di kalangan pendidikan tinggi (universitas) dengan para stake holders yg terdiri dari para akademisi, mahasiswa, serta ilmuwan telah timbul inisiatif utk mengembangkan beragam kegiatan seputar teknologi computer dan radio yg semula hanya merupakan hobby, kegiatan amatir, maupun bagian dari proses pendidikan mereka di perguruan tinggi menjadi suatu media telekomunikasi yang akan memudahkan pertukaran data & informasi, tidak hanya dlm lingkungan kampus/lembaga-nya saja, namun mereka pun sudah mempunyai imajinasi bahkan keinginan untuk mengembangkan suatu jaringan/network antar kampus & bahkan antar negara.

Hal tersebut dimulai dgn berbagai penelitian di lembaga-lembaga pendidikan serta lembaga pemerintah dgn bidang kerja yang berhubungan dengan teknologi, telekomunikasi khususnya komputer dan networkingnya, ditambah dgn adanya transfer of technology dari sejumlah akademisi selepas studi ataupun penelitian mereka di luar negeri, dmn teknologi jaringan computer telah mulai berkembang.

C. MANFAAT

1. INTERNET

1. Manfaat Internet Secara Umum

Berdasarkan suvey di Amerika Serikat membuktikan bila berselancar di dunia maya, bermain game online, dan bermain situs jejaring sosial justru baik bagi perkembangan remaja. Digital Youth Project yg disponsori MacArthur Foundation selama tiga tahun berhasil membuktikan internet baik bagi perkembangan remaja. Proyek yang dilakukan selama tiga tahun tersebut melibatkan 800 remaja serta org tua untuk mengetahui peningkatan kemampuan teknologi remaja. Hal ini jg mematahkan anggapan para orangtua yang menyatakan bermain internet

hanya membuang waktu saja.

2. Manfaat Internet Dlm Pendidikan

Internet ialah sebuah layanan yg memudahkan kami menambah wawasan, berkomunikasi, & jg memudahkan kita untuk mencari suatu bahan yg mungkin tidak mudah dicari secara nyata. melalui akses dunia maya internet ini, kita dapat menambah wawasan, berkomunikasi jarak jauh & jg mencari info yg sangat kami butuhkan. Dalam dunia pendidikan internet dpt membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi & ilmu pengetahuan serta sharing riset antarsiswa terutama dengan mereka yg berjauhan tempat tinggalnya.

3. Dampak Yang Negatif Dari Penggunaan Internet

Internet, kata yang tak asing di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yg berteknologi, mewah, & praktis, Internet bisa didapatkan dimanapun kami berada, dgn bermodalkan telepon selular yang memiliki koneksi internet, internet bisa diakses dengan mudahnya melalui telepon selular dimanapun kita berada, atau bila tidak, di setiap sudut kota pasti terdapat sebuah warung yg menjual jasa internet atau yg biasa disebut dgn warnet, dgn adanya internet, akses atau jalan terhadap penyampaian informasi-informasi yg ada didunia ini dpt diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata, banyak ilmu pengetahuan yg begitu melimpah disana, informasi mengenai apapun dpt kami temukan di jagat internet ini, para remaja tak luput dengan yang namanya informasi & ilmu pengetahuan, internet ini ialah media yang paling efektif dan tidak susah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja dimanapun, walaupun gak bisa dipungkiri bahwa lantaran adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalahgunaan fasilitas internet sebagai sarana utk kriminalitas atau asusila.

Para pelajar yg baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini utk mencari hal yang aneh-aneh. Seperti gambar-gambar yg gak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat asusila lainnya yg dapat mempengaruhi jiwa serta kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah, namun demikian tdk semua siswa mengerjakan hal yang demikian, hanya segelintir pelajar yg usil saja yang bisa melakukannya karna kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri pribadi serta sekitarnya, namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap pelajar untuk mencari atau menerima informasi. Hal ini dpt menjadi sebuah motivator terhadap pelajar untuk terus berkembang serta jg dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda), remaja adalah makhluk yg rentan terhadap perubahan disekitarnya, dia akn mengikuti hal yg paling dominan yang berada didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dlm masa-masa remaja akan mendorong kearah mana remaja tersebut akn berjalan, kearah positif atau negative tergantung dari mana dia memulai.

Remaja yg kesehariannya bergaul dgn internet akn lebih tanggap terhadap perubahan info disekitarnya lantaran ia terbiasa serta lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yg lainnya. Tetapi selain itu, remaja yang mempunyai kecenderungan pada hal yg negatif justru sebaliknya, dia akan nampak pasif lantaran cuma diperbudak oleh kemudahan & kayaan informasi dari internet tersebut.

2.INTRANET

Manfaat

Intranet

Untuk

Sekolah

Membantu dlm membuat pengajaran, pembelajaran di sekolah lebih mudah

Membantu dalam mengembangkan kurikulum yg akan mempersiapkan siswa utk masa depan

Memberikan siswa lebih banyak info untuk menambahkan kurikulum pengajaran

Membantu dalam mengidentifikasi info yg diperlukan & berkualitas tanpa membuang-buang banyak waktu

Membantu dalam mengidentifikasi kebijakan yg relevan & praktek profesional perpustakaan di negara-negara maju di tingkat sekolah

Kelebihan

Intranet

Intranet menjadi alat bantu utk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri

Intranet lebih meningkatkan opini terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggannya.

Intranet mampu menurunkan harga atas kebutuhan informasi kolaborasi, workflow, serta enterprise connectivity.

Intranet mendapat banyak keuntungan karna adanya suksesnya dukungan world wide web yang memungkinkan penggunaan yg luas karna digunakan masyarakat luas yg menggunakan internet. Caranya merupakan dengan membuat website. Intranet menjadi tren saat ini karna kefleksibelan webnya yang gampang digunakan .

author
Author: 
    Shopping Tips For Buying New Home Furnishings
    Shopping Tips For Buying New Home Furnishings
    No matter the new pieces you need,
    Bubur Bayi Organik
    Bubur Bayi Organik
    Beberapa Ahli gizi menyarankan agar pada usia
    Download Imei Changer Apk
    Download Imei Changer Apk
    Sekarang internet jadi kebutuhan pokok, kalau ngga
    Wifi ID Connect Apk Download
    Wifi ID Connect Apk Download
    Pada awal kedatangan wifi.id dulu, yang kebetulan
    Must read×

    Top